Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rini Wisanti / 15040100
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Sri Imelwaty
Pembimbing II Rika Afriyanti
Tahun 2019

Abstrak :

Penggunaan bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah formal Indonesia dilakukan oleh guru bahasa Inggris yang mana bukanlah penutur asli bahasa Inggris. Misalnya di daerah Sumatera Barat ditemukan fenomena bahwa guru bahasa Inggris menggunakan bahasa pertama (Bahasa Minang Kabau) dalam pengajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali persepsi guru terhadap penggunaan bahasa Minang Kabau dalam pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Case study. Sebanyak tiga orang guru bahasa Inggris diwawancarai dengan menggunakan Semi structure interview. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Thematic analysis. Hasil analisis data ditemukan bahwa guru bahasa Inggris memiliki persepsi positif yaitu penggunaan bahasa Minang bermanfaat dalam pengajaran bahasa Inggris dikelas. Hal ini mengindikasikan penggunaan bahasa pertama (Bahasa Minang Kabau) dalam pengajaran bahasa Inggris berterima dikalangan guru pada konteks penelitian ini.

 

Keyword :

Bahasa pertama, Persepsi guru.

Login terlebih dahulu.