Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Linda Novita / 15040073
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Armilia Riza
Pembimbing II Rindilla Antika
Tahun 2020

Abstrak :

     Penelitian ini dilatarbelakangi karena penugasan merupakan hal yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana partisipan penelitian adalah guru yang mengajar dikelas VIII di SMPN 1 Panti. Sebanyak 2 orang guru menjadi partisipan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik total sampel dalam mengumpulkan data. Selanjutnya, dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan observasi. Peneliti menggunakan instrument berupa observasi ceklist, video recorder, catatan lapangan, dokumen berupa RPP guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tipe-tipe penugasan yang digunakan oleh guru di SMPN 1 Panti dan mengindetifikasi penugasan yang diberikan oleh guru sesuai dengan RPP. Tipe-tipe penugasan terdiri atas Essay, Unit objectives, Instructor-student interview, Reaction to readings, Role-play, Tasks, Topics for extended speaking or writing, Reader guide, Original text book, and Think piece. Dari hasil penelitian berdasarkan tiga kali pertemuan pada masing-masing guru. Dari sepuluh tipe-tipe penugasan yang umum digunakan oleh guru didalam kelas, peneliti menemukan dua tipe penugasan. Pada guru A peneliti menemukan 1 tipe penugasan yaitu Tasks. Pada guru B peneliti menemukan dua tipe penugasan, yaitu Tasks dan Unit Objectives. Peneliti juga menemukan pada guru A, penugasan yang diberikan tidak sesuai dengan RPP guru. Guru B juga tidak menggunakan penugasan yang sesuai dengan RPP. Peneliti telah melakukan analisa terhadap tiap-tiap jenis tersebut.

Keyword :

Proses Belajar Mengajar, Tipe-Tipe Penugasan

Login terlebih dahulu.