Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Febby Carmila Rozman / 15040006
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Sesmiyanti
Pembimbing II Suharni
Tahun 2019

Abstrak :

        Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dosen terhadap buku Basic Reading yang digunakan pada mata kuliah Basic Reading. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah 2 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-struktur kepada 2 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi dosen terhadap buku Basic Reading didasarkan atas empat komponen utama dari buku Basic Reading tersebut, yakni: isi buku, kosa kata dan tata bahasa, aktivitas dan latihan serta daya tarik dan tampilan buku. Persepsi dosen terhadap isi buku adalah sangat membantu bagi mahasiswa dalam memahami pembelajaran. Terkait dengan kosa kata dan tata bahasa di dalam buku Basic Reading, menurut dosen yang menggunakan buku Basic Reading penggunaan kosa kata dan tata bahasa mudah dipahami dan sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Latihan yang digunakan berpengaruh terhadap mahasiswa dalam menerapkan pendidikan karakter pada proses pembelajaran. Latihan juga menuntut mahasiswa berpikir kritis. Daya tarik dan tampilan buku memperlihatkan bahwa cover buku dan gambar pada buku sangat menarik bagi mahasiswa dikarenakan komponen buku yang didasarkan atas multimodality. Multimodality adalah kombinasi unsur-unsur seperti desain visual, gambar, jenis tulisan, tata letak, ucapan dan lainnya.

Keyword :

Buku Basic Reading, Persepsi Dosen

Login terlebih dahulu.