Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Grudia Chacha Ilyas / 15040055
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Hevriani Sevrika
Pembimbing II Rani Autila
Tahun 2020

Abstrak :

        Direct Teacher Talk adalah dimana guru memberikan fakta atau pendapat tentang ekspresi isi dari ide, penjelasan atau kutipan sendiri. Dengan Direct Teacher Talk, siswa lebih mudah memahami dalam proses pembelajaran. Kategori dari Direct Teacher Talk adalah mengajar, memberi arahan, dan mengkritik atau membenarkan otoritas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori Direct Teacher Talk yang di gunakan oleh guru dalam interaksi kelas di SMP N 3 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah semua guru yang mengajar di kelas delapan berjumlah 2 orang. Data di kumpulkan dengan menggunakan observation checklist dan Video recording. Observation Checklist telah di buat berdasarkan indikator kategori Direct Teachers' Talk, kemudian Video Recording adalah alat untuk merekam data pada situasi di dalam kelas saat proses belajar mengajar. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan satu dari tiga kategori pembicaraan guru secara langsung yang seing di gunakan oleh gurudalam proses belajar mengajar. Adapun kategori Direct Teacher Talk yang sering digunakan adalah memberi arahan atau giving direction. Jadi dapat di simpulkan bahwa ketika mengajar guru cenderung lebih sering memberikan arahan kepada siswa.

Keyword :

Direct Teacher Talk, Classroom Interaction

Login terlebih dahulu.