Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Sri Ades Yulia Syafputri / 12050218
Program Studi Pendidikan Matematika
Pembimbing I Sofia Edriati
Pembimbing II Zulfitri Aima
Tahun 2017

Abstrak :

penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah,

siswa kurang aktif clalam pembelajaran dan kurangnya tanggung jawab siswa

dalam mengerjakan latihan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah

hasil belajar matematika sisrva yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe

Learning Totrnament lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang

-"r"rufkun pembelajaran konvensional. Populast dalam penelitian ini siswa kelas

XI IpA SMAN 11 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran201612017. Teknik

pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas

"t

.p"rirr"t aan it IPA I sebagai kelas kontrol. Instntmen yang digunakan dalam

p"rr.litiut ipi adalah tes akhir dalam benfuk essai yang reliabel dengan selang

L"p.r"uuyuan 95o/o. Teknik analisis data digunakan uji t satu pihak. Berdasarkan

t asil anaiisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dalam

pembelajaran matematika yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe

Learning Tottrncmtent lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang

menerapkan pembelajaran konvensional di kelas xI IPA SMAN 1l Padang.

Keyword :

Learnirtg Totuttcunenr, Hasil Belajar Matematika

Login terlebih dahulu.