Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Mezi Alfiyonita / 13040129
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Suharni
Pembimbing II Rindilla Antika
Tahun 2018

Abstrak :

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan materi ajar yang dibuat oleh guru khususnya materi ajar kelas VII. Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru, dosen, mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dalam pengembangan materi ajar. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian descriptive. Peneliti menggunakan document checklist, fieldnote dan interview dalam mengolah data. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris yang mengajar di kelas tujuh di tiga kelas. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga indikator berdasarkan prinsip pengembangan materi ajar yang dikutip dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Indikator pertama yaitu prinsip pengembangan materi ajar harus relevan dengan KD, kedua harus konsisten sesuai dengan KD, yang terakhir,  harus memiliki unsur kecukupan. Berdasarkan data yang didapat oleh peneliti selama penelitian, menyimpulkan bahwa materi ajar yang dikembangkan oleh guru sudah memenuhi indikator dalam prinsip – prinsip pengembangan materi ajar yang baik. Secara keseluruhan, guru bahasa Inggris dikelas VII di SMP Pertiwi 2 Padang telah siap dalam mengembangkan materi ajar karena mengikuti langkah – langkah pada prinsip pengembangan materi ajar yang baik.


Keyword :

Kesiapan Guru, Bahan Ajar

Login terlebih dahulu.