Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Vina Fermata Dilla / 11040289
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Sesmiyanti
Pembimbing II Armilia Riza
Tahun 2018

Abstrak :

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dari koreksi umpan balik yang digunakan dosen dalam memberikan koreksi terhadap tulisan siswa di STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk manganalisis tentang jenis koreksi apa yang diberikan dosen dalam memberikan umpan balik terhadap tulisan siswa, serta melihat jenis yang paling sering digunakan oleh dosen tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas menulis paragraf bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 3 kelas. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator yang dinyatakan para ahli dimana jenis koreksi umpan balik ada tiga, yaitu jenis koreksi langsung (direct corrective feedback, koreksi tidak langsung (indirect corrective feedback) and koreksi berupa komentar (metalinguistic corrective feedback). Teknik yang digunakan dalam  pengambilan sampel adalah random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dokumen siswa sebagai instrument untuk mendapatkan data. Peneliti melakukan analisis terhadap dokumen siswa yang diminta kepada dosen yang mengajar dikelas menulis paragraf bahasa inggris berdasarkan indikator yang digunakan dari jenis koreksi umpan balik dosen terhadap tulisan siswa. Dokumen yang dianalisa berjumlah 30 dokumen, dimana peneliti mengambil 10 dokumen dari 10 siswa pada setiap kelas. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dosen menggunakan ketiga jenis koreksi langsung, koreksi tidak langsung dan koreksi berupa komentar dalam memberikan umpan balik terdahap tulisan siswa, dan jenis koreksi umpan balik yang sering digunakan adalah jenis berupa komentar, (metalinguistic corrective feedback).

Keyword :

Writing, Types Of Lecturers’ Written Corrective Feedback

Login terlebih dahulu.