Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rahmoniki Agme Mahatus / 15040045
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Rika Afriyanti
Pembimbing II Armilia Riza
Tahun 2020

Abstrak :

        Pendidikan karakter adalah gerakan nasional untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mampu meningkatkan karakter siswa. Pendidikan karakter yang dilaksanakan harus mengacu pada visi dan misi dari pendidikan dan instansi pendidikan yang terkait. Dengan demikian, integrasi pendidikan karakter harus diterapkan di setiap subjek pembelajaran. Terkait dengan pernyataan sebelumnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter-karakter yang diterapkan di dalam proses pendidikan baik itu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun dalam aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris di SMAN 3 Padang kelas XI tahun ajaran 2019/2020. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen guru berupa Rencana Pembelajaran (RPP) dan daftar ceklis. Pengumpulan data dilakukan melalui video pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh karakter yang harus diintegrasikan guru dalam proses pembelajaran. Tujuh karakter tersebut adalah karakter religi, disiplin, jujur, ramah dan komunikasi, rasa ingin tahu, kreatif dan toleransi. Dalam penelitian ini, guru menerapkan semua karakter di dalam aktivitas belajar mengajar di dalam kelas tapi ada satu karakter yang tidak disebutkan guru di dalam RPP yaitu toleransi.


Keyword :

Integrasi, Kurikulum 2013 dan Pendidikan Karakter

Login terlebih dahulu.