Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Megawati / 11030115
Program Studi Pendidikan Geografi
Pembimbing I Slamet Rianto
Pembimbing II Loli Setriani
Tahun 2016

Abstrak :

        Tujuan penelitian ini dilihat adalah untuk mendapatakan data, mengolah, menganalisis, dan membahas tentang studi rumah tangga pandai besi di nagari Cubadak kecamatan Dua Koto kabupaten Pasaman dilihat dari: pendidikan, pendapatan, keadaan tempat tinggal, pemasaran, motivasi.

            Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pandai besi di Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto kabupten Pasaman. Sampel responden diambil berdasarkan total sampling. Sehingga responden berjumlah 65 KK.

            Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) pendidikan formal terakhir pandai besi tergolong rendah dengan persentase tamat SD 48%. (2) pendapatan perbulan pandai besi sebesar 1.000.000 tergolong rendah dengan persentase 38%. (3) keadaan tempat tinggal pandai besi tergolong cukup baik dengan jenis rumah semi permanen dengan persentase 54%. (4) kesehatan pandai besi tergolong cukup baik dengan persentase 75% (5) pemasaran masih belum sepenuhnya keluar daerah seperti pemasaran dirumah sendiri tergolong baik dengan persentase 42%, (6) Yang memotivasi pandai besi keinginan untuk

Keyword :

Rumang Tangga, Pandai Besi

Login terlebih dahulu.