Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Riry Putri Amira / 15040029
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Yelfiza
Pembimbing II Riny Dwitya Sani
Tahun 2020

Abstrak :

        Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design causal comparative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpengaruh atau tidak pemahaman konsep teks descriptive terhadap kemampuan menulis siswa di SMP N 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Dalam menentukan sampling technique peneliti menggunakan random sampling. Peneliti mengambil sampel dengan cara memberikan test reading kepada seluruh kelas, kemudian peneliti mengambil nilai tertinggi dan terendah sebanyak 22 siswa dan peneliti menjadikannya ke dalam 2 group yaitu group hight dan group low. Peneliti menggunakan test sebagai instrument pada penelitian ini. peneliti memberikan test writing descriptive dengan tema people kepada kedua group. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep teks descriptive antara siswa yang paham konsep dengan yang tidak paham terhadap kemampuan menulis siswa. Kemudian peneliti juga memperoleh hasil tcomp =4,74 yang mana lebih besar dari t table= 2,080. Ini menunjukkan bahwa pada penelitian ini diterima dan Hâ‚’ di tolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep descriptive sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Keyword :

Concept, Writing Skill

Login terlebih dahulu.