Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Syaiful Azhim / 15040031
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Hevriani Sevrika
Pembimbing II Rani Autila
Tahun 2020

Abstrak :

        Penelitian ini dimulai dari rendahnya kemampuan mahasiswa bahasa Inggris pada mata pelajaran upper intermediate structure, khususnya dalam penggunaan coordinative conjunction dalam compound sentence. Masalah ini di ketahui setelah peneliti melakukan interview secara tidak formal. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisa kemampuan siswa tentang penggunaan coordinative conjunc- tion dalam compound sentence. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi 100 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B yang terdiri dari 26 mahasiswa. Sample diambil menggunakan teknik cluster Sampling. Untuk mencari tahu validitas dan reliabilitas dari test, peneliti melakukan tryout di kelas C yang terdiri dari 22 mahasiswa. Soal tryout terdiri dari 50 butir dan soal aslinya terdiri dari 30 butir. Berdasarkan penemuan, secara umum, dapat di simpulkan bahwa kemampuan mahasiswa tahun kedua dalam menggunakan coordinative conjuction dalam compound Sentence di STKIP PGRI Sumatera barat mendapatkan kategoti excellent. Khususnya dalam menggunakan coordinative conjuction “and”, “but” dan “so”. Tetapi mahasiswa mempunyai kelemahan pada penggunaan coordinative conjuction “or” dan “yet”. Mahasiswa mendapatkan kategori excellent pada penggunaan coordinantive conjunction “and”, “but” dan “so”. Mahasiswa mendapatkan kategori good pada penggunaan coordinantive conjunction “for” dan “nor”. Mahasiswa mendapatkan kategori poor pada penggunaan coordinantive conjunction “or”. Mahasiswa mendapatkan kategori very poor pada penggunaan coordinantive conjunction “yet”. Kata Kunci : Grammar, Coordinative Conjunction, Compound Sentence.ABSTRAK Penelitian ini dimulai dari rendahnya kemampuan mahasiswa bahasa Inggris pada mata pelajaran upper intermediate structure, khususnya dalam penggunaan coordinative conjunction dalam compound sentence. Masalah ini di ketahui setelah peneliti melakukan interview secara tidak formal. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisa kemampuan siswa tentang penggunaan coordinative conjunc- tion dalam compound sentence. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi 100 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B yang terdiri dari 26 mahasiswa. Sample diambil menggunakan teknik cluster Sampling. Untuk mencari tahu validitas dan reliabilitas dari test, peneliti melakukan tryout di kelas C yang terdiri dari 22 mahasiswa. Soal tryout terdiri dari 50 butir dan soal aslinya terdiri dari 30 butir. Berdasarkan penemuan, secara umum, dapat di simpulkan bahwa kemampuan mahasiswa tahun kedua dalam menggunakan coordinative conjuction dalam compound Sentence di STKIP PGRI Sumatera barat mendapatkan kategoti excellent. Khususnya dalam menggunakan coordinative conjuction “and”, “but” dan “so”. Tetapi mahasiswa mempunyai kelemahan pada penggunaan coordinative conjuction “or” dan “yet”. Mahasiswa mendapatkan kategori excellent pada penggunaan coordinantive conjunction “and”, “but” dan “so”. Mahasiswa mendapatkan kategori good pada penggunaan coordinantive conjunction “for” dan “nor”. Mahasiswa mendapatkan kategori poor pada penggunaan coordinantive conjunction “or”. Mahasiswa mendapatkan kategori very poor pada penggunaan coordinantive conjunction “yet”. Kata Kunci : Grammar, Coordinative Conjunction, Compound Sentence.

Keyword :

Tata Bahasa, Konjungsi Koordinatif, Kalimat Gabungan.

Login terlebih dahulu.