Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Nana Hartati / 11040404
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Suharni
Pembimbing II Herfyna Asty
Tahun 2018

Abstrak :

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan siswa dalam menulis  teks narrative  kelas IX SMPN 9 Koto XI Tarusan. Instrument yang digunakan dalam peneltian ini adalah dokumen yaitu hasil dari tulisan siswa tentang teks narrative. Data dikumpulan dengan 2 kali pengambilan document. melalui yaitu penelitian mengambil 6 hasil  karangan siswa.tentang kesalahan siswa dalam menulis teks narrative. Setelah menganalisis data maka ditemukan bahwa siswa melakukan kesalahan. Pada tipe subject-verb agreement person or number yang teks 1, teks 3 yang errors. pada tipe verb tense errors terdapat pada teks 4, dan pada tipe verb form errors terdapat teks 1,2,3.  pada tipe singular/plural noun ending errors terdapat pada teks 3 dan 5. Dan yang terakhir terdapat pada tipe word form errors terdapat pada teks 1, 2, 5, 6. Dapat disimpulkan siswa lebih dominan melakukan kesalahan pada verb form errors dan word form errors.


Keyword :

Kesalahan Tata Bahasa, Menulis, Teks Narrative

Login terlebih dahulu.