Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Sulpa Hadia / 13040189
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Armilia Riza
Pembimbing II Mayuasti
Tahun 2018

Abstrak :

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena jarang ditemui mahasiswa yang menggunakan gesture untuk mendukung materi yang disampaikanya pada saat presentasi sehingga pendengar kurang memahami materi yang disampaikan oleh pembicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gestur yang digunakan mahasiswa dalam kelas presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengambilan data dari penelitian ini adalah observasi ceklis dan video. Data penelitian ini di dapatkan dari mahasiswa tahun ketiga jurusan pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat. Peneliti hanya menganalisa mahasiswa yang presentasi saja, sehingga jumlah mahasiswa yang di analisis adalah sebanyak 14 mahasiswa jurusan bahasa inggris tahun ketiga. Melalui instrumen video dapat di gambarkan gestur yang digunakan mahasiswa tahun ketiga jurusan pendidikan Bahasa Ingris di STKIP PGRI. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa ada tiga tipe gesture yang digunakan oleh mahasiswa disaat presentasi; (1) Suggestive Gesture, (2) Descriptive Gesture, dan (3) Emphatic Gesture. Sehingga dapat di kategorikan bahwa mahasiswa tahun ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat lebih sering menggunakan Suggestive Gesture dalam presentasi.

Keyword :

Gestur, Presentasi, Bahasa Inggris

Login terlebih dahulu.