Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Novia Martha Yonanda / 13040135
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Suharni
Pembimbing II Dian Mega Putri
Tahun 2018

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe pelanggaran Maksim yang dilakukan oleh siswa di kelas Seminar In Language Teaching pada Program Studi Bahasa Inggris. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini karena pada Maksim mengajarkan pentingnya tata cara penggunaan bahasa yang benar untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman dalam berinteraksi, jadi peneliti ingin mengetahui tipe Maksim apa saja yang dilanggar oleh siswa pada saat berinteraksi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana partisipannya merupakan siswa dan dosen di kelas Seminar In language Teaching pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan peneliti menggunakan dua instrumen untuk mengambil data yang mana ada observasi ceklis dan catatan lapangan, di dalam observasi ceklis terdapat indikator dari tipe pelanggaran Maksim berdasarkan teori Cutting (2002.37). Pada penelitian ini peneliti menemukan 4 tipe Maksim yang dilanggar oleh siswa di kelas Seminar in Language Teaching yaitu; Maksim kuantitas, Maksim Kualitas, Maksim Hubungan, Maksim Cara.


Keyword :

Prinsip Kerja Sama, Pelanggaran Maksim

Login terlebih dahulu.