Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Kurnia Rahmi / 13040009
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Mayuasti
Pembimbing II Rika Afriyanti
Tahun 2018

Abstrak :


        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pencapaian belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda dan tes esai dalam kemampuan membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mencari hasil pencapaian belajar siswa menggunakan rumus rata-rata nilai, standar deviasi, standar eror rata-rata, standar eror kontras, t-tes, dan derajat kebebasan yang dirumuskan oleh Sudijono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti memperoleh data sekunder dari guru yang mengajar di kelas X TKR A dan B. Nilai yang didapatkan  merupakan nilai tes ulangan harian 1 sampai ulangan harian 5, yang kemudian dicari rata-rata dan perbandingannya. Dari dua tes berbeda yang diberikan guru kepada kedua kelas tersebut, peneliti memperoleh hasil
= 348,55,  = 313,27,  = 2091,33,  = 1879,66,  = 353,86,  = 318,04, = 475,77, = 0,074,  = 70 with  = 1,96 dari serangkaian hasil tes diatas, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa  = 0,074 < dari  = 1,96 yang mana taraf signifikansinya 5% dan  pada hipotesis testing dapat diterima. Itu menandakan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap pencapaian siswa menggunakan tes pilihan ganda dan tes esai.


Keyword :

Studi Komparatif, Pencapaian Siswa, Tes Pilihan Ganda,Tes Esai, Kemampuan Membaca

Login terlebih dahulu.