Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rani Alpira Oktaviani / 13010011
Program Studi Pendidikan Biologi
Pembimbing I Dra. Nursyahra
Pembimbing II Lora Purnamasari
Tahun 2018

Abstrak :


            Daerah Aliran Sungai Batsiritengah dimanfaatkan oleh penduduk untuk mencari ikan dengan menggunakan putas, keperluan rumah tangga seperti mandi dan mencuci, selain itu di sepanjang pinggiran sungai dimanfaatkan sebagai tempat pemukiman, dan perladangan. Pembukaan ladang di daerah pinggir sungai oleh masyarakat  mengakibatkan longsor sehingga memungkinkan keanekaragaman hayati pada sungai ini akan semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis-jenis Ikan yang tertangkap di Daerah Aliran Sungai Batsiritengah Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2017 di Daerah Aliran Sungai Batsiritengah Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pengambilan sampel menggunakan teknik road sampling yaitu pengambilan sampel ikan dengan cara menyusuri sepanjang aliran sungai. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan alat tangkap berupa jaring, pancing, bubu dan tangguk. Penangkapan ikan dilakukan mulai pukul 07.30-18.00 WIB selama 1 minggu. Identifikasi sampel dilakukan dilaboratorium Zoologi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis ikan yang tertangkap di Daerah Aliran Sungai Batsiritengah terdiri dari 17 spesies yaitu Anabas testudineus, Apogon hyalosoma, Trichogaster trichopterus, Caranx ignobilis, Ambassis urotaenia, Oreachromis niloticus, Puntius binotatus, Ophiacara porocephala, Liza macrolepis, Toxotes saculattrik, Cheatodon lunulatus, Dascyilus trimaculatus, Lutjanus quinquelineatus, Lethrinus atkinsoni, Gerres longirostris, Parupeneus barberius, Sargoncentron cornutum, dari 2 ordo dan 17 familia. Faktor fisika kimia yang diperoleh masih mendukung kehidupan ikan.

Keyword :

Watershed Batsiritengah, Fish, Mentawai

Login terlebih dahulu.