Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rahmah Putri Sari / 11040186
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Suharni
Pembimbing II Yulmiati
Tahun 2018

Abstrak :

 

              Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan penggunaan ketidakjujuran akademis yang mana sebagian siswa masih kurang jujur di dalam melakukan tes menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidakjujuran akademis siswa di dalam melakukan tes menulis pada kelas delapan SMPN 21 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling technique yang mana siswa kelas VIII 3 SMPN 21 Padang sebagai partisipan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi ceklis dan kuesioner.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa siswa melakukan ketidakjujuran akademis di dalam tes menulis seperti mencontek sebesar 39%, plagiat sebesar 15%, kolaborasi sebesar 26%, dan menyalin sebesar 20%.


 


Keyword :

Siswa, Ketidakjujuran dalam Menulis

Login terlebih dahulu.