Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar
Nama / NPM | Dirga Rahmad Chandra / 10040366 |
Program Studi | Pendidikan Bahasa Inggris |
Pembimbing I | Yola Merina |
Pembimbing II | Edward Kemal |
Tahun | 2018 |
Penelitian ini mengidentifikasi
penggunaan strategi-strategi menjawab soal-soal tes pada kelas Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat
setiap kali diadakan tes berkaitan degan Reading
tersebut. Hasil pengamatan awal peneliti menemukan siswa selalu menggunakan
beberapa strategi selama proses ujian Reading
berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan melihat penggunaan strategi yang digunakan siswa dalam menjawab
soal-soal tes Reading, terhadap pemahaman dan strategi tertentu
yang mereka gunakan. Data penelitian ini didapatkan dari angket yang dijawab
oleh 15 orang siswa tersebut difokuskan pada analisis jawaban pilihan angket
terhadap strategi yang digunakan siswa. Berasarkan analisis data angket
tersebut, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki strategi yang baik terhadap
tes-tes Reading yang mereka lakukan.
Mereka selalu menggunakan strategi memprediksi soal-soal yang mungkin akan
muncul sebelum tes, menebak, membaca instruksi tes, membaca cepat, tidak
meninggalkan jawaban kosong, mereview kembali setelah tes, mengatur waktu,
memikirkan lebih lanjut soal-soal sult, dan menjawab pilihan ganda terlebih
dahulu. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukan
siswa sudah menggunakan strategi menjawab soal tes, hampir ada semua indikator.
Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa penggunakan test taking strategy dalam tes Reading
adalah positif.
Students Test Taking Strategies
Login terlebih dahulu.