Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Dirga Rahmad Chandra / 10040366
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Yola Merina
Pembimbing II Edward Kemal
Tahun 2018

Abstrak :


Penelitian ini mengidentifikasi penggunaan strategi-strategi menjawab soal-soal tes pada kelas Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat setiap kali diadakan tes berkaitan degan Reading tersebut. Hasil pengamatan awal peneliti menemukan siswa selalu menggunakan beberapa strategi selama proses ujian Reading berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat penggunaan strategi yang digunakan siswa dalam menjawab soal-soal tes Reading, terhadap pemahaman dan strategi tertentu yang mereka gunakan. Data penelitian ini didapatkan dari angket yang dijawab oleh 15 orang siswa tersebut difokuskan pada analisis jawaban pilihan angket terhadap strategi yang digunakan siswa. Berasarkan analisis data angket tersebut, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki strategi yang baik terhadap tes-tes Reading yang mereka lakukan. Mereka selalu menggunakan strategi memprediksi soal-soal yang mungkin akan muncul sebelum tes, menebak, membaca instruksi tes, membaca cepat, tidak meninggalkan jawaban kosong, mereview kembali setelah tes, mengatur waktu, memikirkan lebih lanjut soal-soal sult, dan menjawab pilihan ganda terlebih dahulu. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukan siswa sudah menggunakan strategi menjawab soal tes, hampir ada semua indikator. Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa penggunakan test taking strategy dalam tes Reading adalah positif.

Keyword :

Students Test Taking Strategies

Login terlebih dahulu.