Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rahmi Gusti Vianingsih / 15040060
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Rani Autila
Pembimbing II Suharni
Tahun 2020

Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang kompetensi pedagogik dalam pengajaran Bahasa Inggris di SMK N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan total sampling technique yaitu melibatkan seluruh guru Bahasa Inggris di SMK N 1 Lubuk Basung yang berjumlah 3 guru Bahasa Inggris. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara kepada  3 guru Bahasa Inggris berkaitan dengan persepsi guru terhadap kompetensi pedagogik dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini telah didasarkan atas komponen kompetensi pedagogik. Peneliti menemukan bahwa kompetensi pedagogik dalam pengajaran Bahasa Inggris sangat membantu guru dalam melakukan tugasnya sebagai seorang pendidik, sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap guru yaitu guru membuat rencana pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru sebelum memulai pembelajaran untuk mempermudah langkah-langkah sebelum mengajar, setiap guru juga harus dapat mengelola kelas dengan baik, setiap guru juga menggunakan teknik atau strategi yang akan digunakan ketika mengajar dikelas, penguasaan pembelajaran atau sumber bahan ajar yang digunakan oleh guru, serta penggunaan media yang dipakai ketika mengajar dikelas, mengevaluasi penilaian terhadap diri siswa, setiap guru memberikan motivasi kepada siswa, dan kemudian persepsi guru terhadap keyakinan pada tata bahasa serta kosa kata pada pelajaran Bahasa Inggris dikelas.

Keyword :

Persepsi Guru, Kompetensi Pedagogik, Pengajaran Bahasa Inggris

Login terlebih dahulu.