Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Resty Diana / 12040211
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Belinda Analido
Pembimbing II Dona Alicia
Tahun 2019

Abstrak :

                 Bahasa guru yang disampaikan di kelas merupakan hal yang sangat penting untuk membangun interaksi dengan siswa. Penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan kategori guru berinteraksi di dalam kelas di SMA N 1 Lembang Jaya. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa pelaksanaan berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Kathleen. Ada enam indicator dalam teori yang dikemukakan oleh Kathleen, antara lain: pemanasan, intruksi langsung, member arahan, memberi umpan balik, membuat transisi, dan terakhir memeriksa pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana partisipannya adalah guru bahasa Inggris di SMA N 1 Lembang Jaya T.A 2016/2017 sebanyak 2 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Instrumen penelitian ini adalah observasi checklist, field note dan video.  Berdasarkan hasil dari analisa kategori guru berinteraksi di dalam kelas di SMA N 1 Lembang Jaya sudah mendekati dengan teori. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan kategori guru berinteraksi di dalam kelas di SMAN 1 Lembang Jaya yang digunakan oleh guru bahasa Inggris sudah mendekati dengan teori yang dikemukakan oleh Kathleen. Karena guru – guru yang diteliti peneliti menggunakan semua keenam kategori tersebut, walaupun tidak semua  indikator terpenuhi.

Keyword :

Kategori Bahasa Guru, Kelas Interaksi

Login terlebih dahulu.