Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Delfia Susanti / 15040112
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Suharni
Pembimbing II Rika Afriyanti
Tahun 2019

Abstrak :

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara persepsi siswa terhadap Mata Pelajaran bahasa Inggris dan hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang berjumlah 224 orang yang terbagi dalam 7 kelas. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan cluster sampling teknik. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas yang dilakukan peneliti maka, sample dalam penelitian ini yaitu satu kelas (kelas X IPA 3) yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan rumus pearson product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hubungan persepsi siswa terhadap Mata Pelajararn bahasa Inggris dengan hasil belajar siswa sebesar rxy = 0,13 dengan tingkat hubungan sangat rendah. Selain itu, dari hasil perhitungan tersebut  peneliti memperoleh hasil thitung = 0,6565 yang mana lebih besar dari ttabel = 0,3809 df = 25 dengan taraf significansi 5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sangat rendahnya hubungan antara persepsi siswa terhadap Mata Pelajaran bahasa Inggris dengan hasil belajar siswa di SMA N 2 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan hipotesis pada penelitian ini dinyatakan diterima.

Keyword :

Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Siswa, Hasil Belajar Siswa

Login terlebih dahulu.