Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Ayu Anira / 13040233
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Mayuasti
Pembimbing II M. Khairi Ikhsan
Tahun 2019

Abstrak :


Dalam lingkungan sekolah, anak  memiliki teman yang karakternya berbeda beda serta pengaruh yang diberikannya juga berbeda pula. Hal tersebut tergantung pada keadaan psikologi dari anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  apa saja pengaruh yang di berikan oleh teman sebayanya  di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam menentukan populasi peneliti menggunakan purposive sampling. Ada 5 kelas di kelas XI , tetapi peneliti  hanya memilih dua kelas XI yang ada  di SMA PGRI 1 Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan melalui instrumen pendukung penelitian yaitu wawancara (interview). Ada dua jenis pengaruh yang di berikan oleh teman sebaya yaitu pengaruh positif  (positive influence) dan pengaruh negatif (negative influence). Dari hasil penelitian, peneliti menemukankan pengaruh yang lebih dominan di berikan oleh teman sebaya dalam proses belajar yaitu pengaruh positive di bandingkan pengaruh negative. Pengaruh positif yang diberikan teman sebaya dapat menciptakan anak yang lebih aktif, bersemangat dan lebih antusias dalam proses belajar mengajar. Peneliti berharap agar semua anak  dapat berteman dengan baik dengan teman sebayanya dan membawa kearah yang baik di dalam belajar dan berkomunikasi agar siswa lebih bersemangat lagi belajar di dalam kelas.


Keyword :

siswa, teman sebaya, prestasi belajar

Login terlebih dahulu.