Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Rizki Kurniawan / 15040014
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Belinda Analido
Pembimbing II Dian Mega Putri
Tahun 2020

Abstrak :

          Pentingnya pemahaman siswa dalam belajar bahasa inggris terhadap cara menerangkan guru melalui komunikasi non-verbal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap beberapa bentuk komunikasi non-verbal di dalam proses belajar bahasa inggris. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI MIA dan XI IPS. Dalam penentuan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik simple random sampling sehingga yang diteliti merupakan siswa yang di pilih tanpa criteria tertentu. Siswa yang di pilih sebanyak 30 siswa dimana perpaduan antara kelas XI MIA dan XI IPS. Untuk memperoleh data, pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap komunikasi non-verbal yang dilakukan guru bahasa inggris didalam menerangkan pelajaran. Berdasarkan hasil dari wawancara memperlihatkan bahwa dari beberapa bentuk komunikasi non-verbal tidak seluruhnya dapat di pahami oleh siswa namun, tetap membantu siswa dalam memahami pelajaran. Berdasarkan hasil dari angket dengan beberapa criteria penentuan tingkat pemahaman siswa mendapatkan hasil 78% atau persepsi siswa sangat bagus didalam memahami komunikasi non-verbal yang guru bahasa inggris praktekkan didalam proses belajar mengajar.


Keyword :

Persepsi, Komunikasi Non-verbal

Login terlebih dahulu.