Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Siti Zakiyah Elfi / 15040096
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Elmiati
Pembimbing II Suharni
Tahun 2019

Abstrak :

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang latihanlatihan yang ada dalam buku teks “When English Rings A Bell” di sekolah pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII SMP N 12 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan metode cross sectional survey dengan jumlah 56 orang partisipan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan random sampling. Untuk pengumpulan data, peneliti menyebarkan angket dan interview. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi siswa terhadap latihan-latihan dalam buku teks “When English Rings A Bell” didasarkan atas komponen dari buku tersebut. Kemudian, indikator penelitian ini berdasarkan teori Garinger (2002) yaitu the exercises contribute to learners language acquisition, balance with the format, should be prgressive for the students, varying and challenging. Jadi, persepsi siswa terhadap latihan-latihan dalam buku teks adalah latihanlatihan yang ada dalam buku teks tersebut menarik karena disajikan gambar yang berwarna dan ada contoh soal beserta jawaban sebelum menjawab latihan-latihan yang ada dalam buku teks tersebut akan tetapi siswa juga kesulitan dalam memahami instruksi yang ada dalam buku teks karena kosa kata yang disajikan kurang familiar bagi siswa, latihan-latihan yang disajikan dalam buku teks berbentuk mengisi titik-titik dan essay dan siswa lebih tertarik mengerjakan latihan-latihan dalam bentuk mengisi titik-titik karena jawabannya singkat.

Keyword :

Persepsi Siswa, Buku Teks, Latihan

Login terlebih dahulu.