Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar

Nama / NPM Mellani Anindia Arli / 15040041
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Pembimbing I Armilia Riza
Pembimbing II Rika Afriyanti
Tahun 2020

Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi instrumen penilaian karakter di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses belajar mengajar di SMAN 3 Padang dan format yang digunakan oleh guru dalam menilai karakter siswa. Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris kelas XI di SMAN 3 Padang. Penelitian ini menggunakan teknik Studi Kasus yaitu dengan memilih salah satu guru Bahasa Inggris sebagai Respondent yang mengajar kelas XI di SMAN 3 Padang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik dokumen (RPP guru dan instrumen penilaian), observasi, dan rekaman video. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa guru Bahasa Inggris kelas XI di SMAN 3 sudah menerapkan penilaian karakter didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik yang dilakukan oleh guru dalam menilai karakter siswa adalah teknik observasi. Bentuk format penilaian yang dimuat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah jurnal guru. Tetapi, dalam proses belajar mengajar guru menggunakan jenis format yang berbeda dalam menilai karakter siswa. Dalam proses belajar mengajar guru menggunakan dua format penilaian karakter, yaitu; pertama penilaian sikap spiritual dan kedua penilaian sikap sosial. Hasil dari penelitian ini adalah relevansi, guru menerapkan penilaian karakter di RPP dan proses belajar mengajar. Tetapi, dalam proses belajar mengajar guru lebih detail dalam menguraikan karakter sedangkan di RPP tidak.

Keyword :

Pendidikan karakter, Penilaian, Jurnal Guru

Login terlebih dahulu.